Dapatkan Domain Gratis

3.17.2010

ReCAPTCHA, Cara Efektif Untuk Mengatasi Spam


Spam merupakan musuh utama yang harus kita atasi apabila mengembangkan aplikasi web yang mempunyai fitur registrasi user, contact form, komentar dan sebagainya. Nah, salah satu cara yang cukup efektif yaitu dengan menggunakan metode seperti yang ditawarkan oleh reCAPTCHA.

reCAPTCHA adalah sebuah sistem proteksi website dengan menggunakan CAPTCHA. CAPTCHA sendiri merupakan aplikasi kecil yang mampu menghasilkan gambar yang berisi kombinasi karakter tertentu yang tidak bisa dibaca oleh mesin namun bisa dimengerti dengan mudah oleh manusia.


reCAPTCHA menggunakan dua buah kata yang dibuat secara acak seperti gambar di samping ini untuk memastikan bahwa pengunjung yang mengakses suatu website adalah benar-benar manusia dan bukan mesin.

Anda tentu pernah melihat tampilan seperti di atas. Memang cukup banyak situs populer yang menggunakan reCAPTCHA untuk memproteksi website mereka, misalnya saja Google, Facebook, Twitter dan StumbleUpon.

Kita bisa menggunakan layanan reCAPTCHA secara gratis setelah mendaftarkan diri terlebih dahulu. Setelah terdaftar, kita akan mendapatkan public dan private key yang bisa kita pakai untuk mengakses reCAPTCHA API.

Situs reCAPTCHA juga menyediakan beberapa plugin yang bisa kita aplikasikan langsung di website kita. Ada juga plugin untuk beberapa software open source populer seperti WordPress, MediaWiki, phpBB, MovableType, Joomla, dan sebagainya.

Anda tertarik untuk mencobanya?

0 komentar:

Posting Komentar

Free Website Hosting

Masukkan Emailmu Untuk Artikel Terbaru:


FeedBurner

 

Home | Blogging Tips | Blogspot HTML | Make Money | Payment | PTC Review

[Æ] ø Infotek ø [Æ] © Template Design by Herro | Publisher : Templatemu